127 Penyuluh KB/PLKB Di Deli Serdang Terima SK Pengalihan Ke BKKBN Pusat.

Lubuk Pakam (     Journal Monitor     )


                127  PKB  ( Penyuluh  Keluarga Berencana ) /PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana )  dari Dinas  Pengendalian Penduduk,KB dan Pemberdayaan Perempuan ,Perlindungan Anak Kabupaten Deli Serdang  diserahkan  SK  pengalihan ke BKKBN ( Badan  Kependudukan Dan Keluarga Berencana  Nasional ) oleh Wakil Bupati Deli Serdang , Rabu  13/12) di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang.

                Penyerahan SK  Penyuluh KB  dan PLKB  yang diawali dengan  nyanyi  bersama  Mars Keluarga berencana  ini juga dihadiri Kabid Advokasi Pergerakan dan Informasi BKKBN Sumut  Yosrizal BatubaraSsos, Asisten III H Jentralin Purba Staf Ahli Bupati  dr Aida Harahap MARS. Kaban Kepergawaian Daerah Drs H M Ali Yusuf Siregar MAP ,Kadis Pengendalian Penduduk, KB dan  PP,PA Dra Hj Rabiyatul Adawiyah  Lubis  dan pimpinan SKPD terkait lainnya.

                 Wabup H Zainuddin Mars  dalam arahannya  menyampaikan apresiasi  kepada  penyuluh maupun PLKB yang  sejak lama   banyak berkontribusi  bagi kemajuan  daerah khusunya dalam  pengendalian pertumbuhan penduduk lewat program Keluarga Berencana  tersebut yang pada gilirannya tentu   akan  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

                Dengan  diterimanya SK pengalihan  ke BKKBN ini tentu secara  administratif  sudah dialihkan ke  Pusat  tetapi  operasionalnya  masih  dibawah pengendalian daerah,  karenanya amanah ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya  , kita   harus  memiliki obsesi bagi memajukan Kabupaten Deli Serdang sebagaimana visi-misinya  yaitu  Deli Serdang yang  maju , berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan , karena  Deli  Serdang memiliki potensi besar  untuk dikembangkan  tentu diperl ukan  SDM yang  handal , karena itu kepada  semua   jajaran BKKBN  di daerah ini supaya  memiliki obsesi tadi , dengan  cara  menjalin  komunikasi,. Koordinasi serta  kerjasama dengan  seluruh lintas sektoral  / SKPD  demikian juga dengan   TP PKK sebagi fatnernya di tengah-tengah masyarakat.

                Kadis Pengendalian Penduduk,KB dan PP,PA Rabiyatul Adawiyah Lubis  menjelaskan  bahwa  pengalihan  Penyuluh KB/PLKB ke  BKKBN  berdasarkan  Surat Edaran Menteri  Dalam Negeri  No  120/5935/S J  tanggal 16 oktober 2015 kepada Gubernur dan Bupati/Walikota tentang percepatan pelaksanaan  pengalihan urusan berdasarkan  UU 23 tahun 2014, dan Kepala BKN No 06 tahun  2016 tanggal 23 Maret 2016, tentang pelaksanaan pengalihan PNS Daerah Kabupaten/Kota yang menduduki jabatan  fungsional  penyuluh KB dan PLKB menjadi PNS BKKBN. Dijelaskan juga bahwa penyerahan SK pengalihan  dari Kepala  BKN sebanyak 127 dari 132  orang PKB/PLKB yang ada , sedangkan  5 (lima) orang PKB/PKB belum dikeluarkan  BKN  , ( Kbl )