Kepsek Arogan, Siswa MAN Tanjungmorawa Unras




Deliserdang ( Journal Monitor )

Akibat arogansi Kepala Sekolah (Kepsek) MAN Tanjungmorawa, Dra Linda Dina Savitri MA yang sudah berlangsung lama mengakibatkan siswa/siswi madrasah itu menggelar unjuk rasa (unras) di lokasi sekolah di Jalan Medan-Senembah, Pasar XV, Desa Medan Senembah, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Senin (22/1) sekira pukul 07.20 Wib.

            Menurut para siswa saat Unras berlangsung, sekira Pukul 07.17 Wib sebanyak 50 orang lebih siswa dan 5 orang guru dilarang Kepsek masuk ke lingkungan sekolah dengan alasan terlambat. Akibat guru-guru dan siswa tidak diizinkan masuk ke sekolah, terjadilah adu argumentasi antara guru dan Kepsek sehingga siswa/i yang melihat kejadian tersebut merasa keberatan dan secara spontanitas ribut.

Kepsek diduga kerap melakukan pungutan liar (pungli) terhadap para siswa dan selalu bersikap arogan terhadap siswa/i khususnya para guru pengajar. Saat unjuk rasa berlangsung, para siswa meminta agar Kepsek MAN Tanjungmorawa, Dra Linda Dina Savitri diganti dari minta turun dari jabatan kepala sekolah.
Sekira Pukul 08.40 Wib digelar pertemuan antara guru-guru dengan Kepsek untuk mencari solusi penyelesaian masalah yang dimediasi Kemenag Kabupaten Deliserdang oleh KTU Kemenag Kabupaten Deliserdang, Syawal Harahap, Pengawas Bidang Pendidikan Madrasyah Kemenag Kabupaten Deliserdang, Drs Bawaehi yang disaksikan Kanit Intelkam Polsek Tanjungmorawa, Iptu E Hasibuan SH, Kanit Binmas Polsek Tanjungmorawa, Ipda Amal.
Pada rapat internal antara Kepsek dengan para guru, direncanakan Selasa (23/1) agar para guru untuk mengarahkan dan mengajak seluruh siswa untu dapat kembali belajar seperti biasa.

Para guru meminta kepada Kemenag Deliserdang agar mendisplinkan pola kepemimpinan Kepsek MAN Tanjungmorawa, Dra Linda Dina Savitri MA dan segera mengganti dengan orang lain yang dianggap berpengalaman.

“Jika aspirasi atau tuntutan para siswa/i dan guru tidak dipenuhi, maka jam belajar mengajar tidak akan dapat dilaksanakan sesuai hasil koordinasi Ketua OSIS MAN Tanjungmorawa, Rifqi Ashari Siregar. Sebelum Kepsek MAN Tanjungmorawa, Dra Linda Dina Savitri, MA diganti, siswa tidak bersedia melaksanakan jam belajar. Dan para siswa akan membawa orangtua masing-masing melakukan penolakan dan agar Kepsek segera digant,” sebut Rifqi. Selama penyampaian aspirasi berlangsung tertib dan tidak melakukan tindakan anarkis. ( Hs )