KPU Humbahas : "DPT 127.448, Desa Sion VII Akses yang Sulit Dijangkau"


Humbahas: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Humbang Hasundutan menyebutkan pihaknya telah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara (Susu).

Ketua KPU Daerah Humbang Hasundutan (Humbahas)  Leonard Pasaribu melalui Faber Simamora menyebutkan kepada awak media kebutuhan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 di Humbahas sebanyak 127.448.

Kabupaten Humbang Hasundutan terdiri dari 10 kecamatan, 154 Desa dengan 375 TPS. "Ada 10 Kecamatan
di Kabupaten Humbahas, yaitu Dolok Sanggul, Lintong Nihuta, Pakkat, Parlilitan, Pollung,  Onan Ganjang, Paranginan, Sijamapolang, Tarabintang, dan Baktiraja", sebut Faber Simamora Jumat (8/6/2018) di Kantor KPU Kabupaten Humbahas Dolok Sanggul.

Daerah yang sulit dijangkau pada pelaksanaan pilkadasu gubernur dan wakil gubernur 27 Juni 2018 mendatang, Faber Simamora menjelaskan akses menuju Desa Sion VII Kecamatan Parlilitan merupakan daerah terjauh dari ibukota kabupaten.

Salah satu Desa yang sulit di jangkau adalah Desa Sion VII. Menuju tempat ini jalan kaki 7 jam, atau bila naik kereta kuda 3-4 jam. Menuju akses Desa Sion VII dari ibukota Kecamatan Parlilitan harus melewati kabupaten tetangga. Jadi disana ada dua TPS. TPS yang satu 26 orang dan TPS yang kedua 171 orang. Jadi yang paling sulit dijangkau adalah TPS yang kedua. Dari sini ke Parlilitan dua jam, dari Parlilitan ke Sion VII satu jam, dari Sion VII ke Dusun dua atau tiga jam lagi", jelas Faber Simamora.

Sion VII, tidak ada akses jalan dari Kabupaten Humbahas, harus melalui jalan ke kabupaten tetangga. "Menuju tempat ini kita akan ke Sanggaran II, Onan Ganjang, kesana pun harus melalui Kabupaten tetangga. Kabupaten Tapanuli Tengah, karena kalau langsung dari sini akses jalan tidak ada. Disana juga ada 2 TPS", jelas Faber Simamora.

Lebih lanjut disebutkan Faber Simamora Jumlah TPS terbanyak berada di kecamatan Dolok Sanggul, terdiri dari 28 Desa dengan jumlah 84 TPS dengan total surat suara  32.222 (berdasarkan jumlah DPT ditambah 2.5% cadangan surat suara). Untuk keseluruhan se Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2018 sebanyak 127.448, sebut Faber Simamora. ()